Sabtu, 13 Oktober 2012

5 RDBMS

 

5.1 Overview RDBMS : DB2 dan ORACLE

 

Relational Database Management System (RDBMS)


RDBMS adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan RDBMS, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. GDBMS sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

DB2


DB2 adalah produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server yang dimana merupakan Perangkat Lunak Manajemen Informasi. Kebanyakan DB2 disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 DAta Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.
Sering disebut sebagai DB2 Universal Database. DB2 dari IBM juga telah komitmen untuk mendukung Linux dan telah mengembangkan beberapa tools demi kemudahan penggunanya. DB2 tersedia dalam berbagai platform dan tergolong VLDB (Very Large Database). Dukungannya terhadap Java secara penuh (Control Center - adminitration tool - tersedia dalam versi Java) membuatnya makin diterima oleh berbagai kalangan serta telah meraih sejumlah besar penghargaan (seperti yang telah dikeluarkan VARBusiness dan ComputerWorld). Meski cukup ``raksasa'', DB2 belum open-source dan sering dibandingkan dengan database komersial lainnya. 

Oracle


Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern.

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

 5.2 Pengenalan DB2


RDBMS yang memungkinkan user menggunakan perintah-
perintah SQL terhadap basis data relasional

 Pengertian DB2

kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematis sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut.

Perkembangan DB2

Akhir th. 70-an
Riset penyusunan teknologi relasional
Th. 80-an
Produk DB2 untuk VM, VSE, MVS, AS/400, OS/2
Th. 90-an
Produk DB2 untuk AIX, HP-UX, SOLARIS, NT, SINIX

 

 Kelebihan DB2

1 Dapat dijalankan pada bermacam-macam platform

2 Menunjang client/server platform, aplikasi multimedia,
object oriented

3 Dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis
berskala kecil maupun besar

4 Memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam-
macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.

DB2 utility 

digunakanuntukmenjalankanfungsi-fungsisistemadministrasi

DB2 product 

Terdiridarisekumpulantabelyang berisikaninformasimengenaiseluruhobyekDB2 yang telahdidefinisikan, informasiotorisasi,recovery.HanyadapatdilihatolehDBA danpemakaiyang diberiizinolehDBA

DB2 Object

Berfungsimengaturkembalitable space atauindex, memperolehkembaliruangyang hilangpadafragmentasitabelatautabelyangtelahdihapus, memperbaikistatistikyang disimpanpadaDB2Catalog.Terdiridari2 fungsiyaitu: Reorganize danUpdate Statistics.

5.3 Pengenalan ORACLE 

Pengertian Oracle

Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merkperangkat keras komputer (platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oateslewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

 Computering Model

Cloud computing atau komputasi  adalah suatu model atau generasi penyediaan layanan komputing baru yang diberikan penyedia layanan IT kepada pelanggannya. Dimana dengan layanan cloud akan mampu menyediakan layanan IT dimana yang lebih cepat, fleksibel dan ekonomis.

Overview PerintahSQL

Banyak perintah dan fungsi SQL yang dapat digunakan untuk mendefenisikan maupun memanipulasi database. Suatu rangkaian aktivitas yang berhubungan dengan pemulihan dan pengoptimalan perintah query di dalam database pada SQL dapat dituliskan fasilitas yang memiliki antarmuka grafis yaitu Query Analyzer. Beberapa aktivitas yang dimaksud, antara lai 
  • Melakukan query pada databese SQL dengan menggunakan perintah-perintah SQL untuk melihat teks atau grid.
  • Melihat representasi grafik dari langkah-langkah untuk mengakses query
  • Melakukan analisa kinerja indeks
  • Menjalankan skrip Transact SQL dari prosedur tersimpan
Interaksi SQL 
 Mari kita perhatikan stored procedure di bawah ini, yang mencari database dari perpustakaan utama untuk buku, majalah, dan tape. Tabel master menyimpan judul dan kode kategori (dimana 1=buku, 2=majalah, 3=tape) untuk setiap item. Tiga tabel detail menyimpan informasi spesifik dari setiap kategori. Ketika tipanggil, procedure tesrebut mencari tabel master berdasarkan judul, menggunakan kode kategori terkait untuk membuka perintah OPEN-FOR, lalu membuka cursor variable untuk query dari tabel detail yang tepat.

 Perintah SQL VS SQL*Plus

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengandatabase Oracle server dari sebuah tool atau aplikasi. Oracle SQL
terdiri dari beberapa bagian, ketika kita menjalankan perintah SQL,sql akan disimpan dalam suatu memory yang disebut SQL Buffer danakan tetap berada dalam memory sampai ada statemen baru.SQL *Plus adalah tool oracle yang mengenali dan menjalankanperintah SQL ke Oracle Server.



PL/SQL ( Lingkungan PL/SQL Keuntungan PL/SQL Contoh SQL pada PL/SQL)

adalah kependekan dari Procedural Language/Structured Query Language. Sederhananya adalah suatu bahasa pemrograman untuk database Oracle.

Struktur dasar dari PL/SQL adalah DECLARE, BEGIN, dan END. Untuk menandakan suatu komentar (tidak diproses oleh compiler), gunakan “- -” pada tiap baris komentar.

 

Misalkan ingin melakukan suatu proses matematis, dalam kasus ini perkalian, kemudian hasilnya ditampilkan :
01DECLARE
02 NO1 NUMBER;
03 NO2 NUMBER;
04 NO3 NUMBER;
05--dideklarasikan variable NO1, NO2, dan NO3 dengan tipe NUMBER.
06BEGIN
07 NO1 := 12;
08 NO2 := 109;
09 NO3 := NO1 * NO2;
10-- variable NO3 merupakan hasil dari perkalian variable NO1 dan NO2.
11 DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Isi dari penjumlahan = '||NO3);
12END;
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar